02 Juni 2008

RAIMUNA NASIONAL 2008

Raimuna Nasional IX tahun 2008 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 27 Juni - 7 Juli 2008 sudah di depan mata. Panitia yang sudah dibentuk mulai melakukan persiapan pada semua bidang termasuk bidang sarana penunjang. Ketua bidang (kabid) pelayanan Raimuna Nasional 2008 Andri Setiawan (24) yang ditemui di ruangan sarana penunjang (sarpen) di gedung kwarda DKI Jakarta menjelaskan sejauh ini persiapan sarpen secara umum sudah mencapai 50% hanya tinggal berkoordinasi dengan Panra(Panitia Penyelenggara) dan surat-menyurat dengan dinas terkait.

Bidang sarpen yang diketuai oleh Mulyono ini membawahi dua bidang yakni: bidang pelayanan dan bidang perbekalan. Bidang pelayanan akan mengurusi masalah kesehatan, konsumsi, keamanan, MCK, kebersihan, listrik, dan pameran. Sedangkan bagian perbekalan akan megurus masalah yang berkenaan dengan tapak kemah, komunikasi dan sub camp.

Mengenai penempatan peserta Raimuna Nasional 2008 yang akan diikuti oleh lebih kurang 15000 orang peserta Pramuka Penegak dan Pandega yang terdiri dari seluruh kontingen di Indonesia dan peserta dari ASEAN akan ditempatkan di areal Bumi Perkemahan Cibubur yang meliputi areal kempa (kemah putra) dan kempi (kemah putri). Andri juga menjelaskan seluruh peserta dari berbagai kontingen nantinya akan dibagi menjadi beberapa RW yang satu RWnya terdiri dari 10 Umpi.Pasti akan sangat seru karena di sini para peserta akan berbaur dengan peserta dari daerah lainnya di Indonesia. Hal ini tentu saja diharapkan dapat menjalin semangat persatuan dan kesatuan di antara para peserta.

Untuk kegiatan sub camp khususnya kegiatan petualangan yang akan menghabiskan waktu lebih dari sehari di luar buper, para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan berkemah selama tiga hari di sekitar tempat kegiatan. Di antara tempat ini adalah wilayah Cibodas Jawa Barat, Gunung Bunder dan Pulau Seribu yang lokasinya memang cukup jauh dari tempat buper Cibubur.
Persiapan untuk menunjang jalannya persiapan Raimuna Nasional 2008 sudah dilakukan dengan kunjungan survey ke lokasi subcamp oleh Kwarnas dan Kwarda DKI Jakarta serta Panitia Pelaksana . Dengan begitu, tentunya diharapkan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam event lima tahunan ini benar-benar akan menunjang kelancaran jalannya kegiatan.(Septi)

 
MEDIA BINA PRAMUKA © 2008 All right reserved - Design by R - CHAM